Saturday, April 17, 2010

Tahap-tahap hubungan sosial manusia

Hubungan antar manusia (pertemanan, persaudaraan, pacaran, perkawinan) adalah sesuatu yang unik. Ada 3 tahapan yang mungkin terdapat di setiap hubungan, masa-masa mesra, masa konflik dan masa penarikan diri.

Hubungan yang normal hanya bergerak di antara masa-masa mesra dan masa konflik. Akan tetapi, jika kedua belah pihak mengalami masa konflik yang berkepanjangan, ada kemungkinan hubungan itu akan masuk ke masa penarikan diri. Terkadang, peristiwa yang luar biasa dan menyakitkan juga dapat membawa hubungan dari masa mesra ke masa penarikan diri.

Masa Mesra adalah masa dimana segalanya harmonis dan semua pihak puas akan dirinya dan pihak lainnya tanpa adanya tuntutan yang berlebihan.

Masa Konflik adalah masa dimana mulai ada perbedaan cara pikir, perbedaan prinsip atau salah satu pihak merasa diperlakukan tidak adil yang akhirnya akan mengakibatkan: kemarahan, saling menyalahkan, ngambek, ketidakpuasan, dsb.

Dan yang terakhir ..

Masa Penarikan Diri adalah masa dimana salah satu pihak mulai merasa lelah untuk marah, tidak ingin lagi menyalahkan dan mulai berhenti berharap pada hubungan itu. Disinilah tahap dimana hubungan itu mulai kritis, ikatan yang menyatukan pihak-pihak itu mulai kendur dan hubungan mulai di ambang kehancuran.



Penyebab Kegagalan Berhubungan

Ada beberapa penyebab kegagalan hubungan:

- Ke'egoisan
Sebuah hubungan yang sehat memerlukan keseimbangan antara memberi dan menerima. Ketimpangan yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakbahagiaan.

- Ketidaksetaraan
Jika salah satu pihak merendahkan atau terlalu meninggikan pihak yang lain, maka akan menimbulkan perasaan ketidakadilan

- Kurang'nya Toleransi
Setiap manusia memiliki kekurangan. Jika kita terlalu fokus pada kekurangan itu, kita akan mudah merasa kesal dan terganggu.

- Kurang'nya Komunikasi
Awal dari hubungan yang baik adalah komunikasi yang baik pula. Dan komunikasi yang buruk dapat mengakhiri suatu hubungan.

- Ketidakcocokan
Kecocokan prinsip, cara pandang, hobi, pengembangan rohani dan kepentingan dasar lainnya lah yang membuat suatu hubungan menyenangkan dan nyaman.

- Kejujuran
Hampir semua orang tidak suka dibohongi, begitu pula dalam menjaga suatu hubungan. Kehilangan kepercayaan dapat mengakibatkan insecurity.




"A failing love is like desperately hanging on to something precious; not wanting to give up, but your hands feel the pain. And, when you finally let go, you're free from any pain, but your hands are empty ..."

- Anonymous -


"Letting go of someone dear to you is hard, but holding on to someone who doesn't even feel the same is much harder. Giving up doesn't mean you are weak! It only means that you are strong enough to let go .. !!"

- Anonymous -



“ Jujur pada diri sendiri adalah jawaban yang terbaik apakah suatu hubungan dapat dilanjutkan atau tidak .. Tidak perlu menyalahkan orang lain, berkaca 'lah pada diri sendiri .. apakah sudah memberikan yang terbaik untuk suatu hubungan "

No comments:

Post a Comment